Wujudkan “Smart Government Service”, Pemkab Tegal Gandeng Platform BigBox PT Telkom Indonesia

Dalam rangka mempercepat proses transformasi digital dan smart government service, Bupati Tegal Umi Azizah melakukan kerjasama dengan PT Telkom Indonesia melalui platform BigBox. Penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan pada hari Selasa, 16 Maret 2021.

Dalam sambutannya, Umi menegaskan pentingnya transformasi digital untuk menjalankan urusan pemerintahan. Hal ini dikarenakan saat ini Pemerintah dituntut untuk bekerja lebih cepat, inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi

Di sisi lain, General Manager Witel Pekalongan PT Telkom Indonesia, Nanang Setiyo Utomo mengatakan bahwa PT Telkom Indonesia menawarkan kerjasama pemanfaatan teknologi big data melalui platform BigBox. Hal ini sekaligus mendukung program Satu Data Indonesia sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019.

Kerjasama pengelolaan Big Data ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan data yang terintegrasi dan mudah dikelola sehingga pemerintah dapat meningkatkan kualitas tata kelola datanya. Selain untuk meningkatkan tata kelola data di pemerintahan, analisis data yang dihasilkan juga dapat menjawab kebutuhan data publik bagi masyarakat dan UMKM.

Lebih lanjut, Nanang juga menjelaskan platform BigBox PT Telkom Indonesia menawarkan tiga bentuk platform yakni BigOne, social media analytics platform BigSocial, dan eCommerce analytics BigCommerce.

Nanang menjelaskan BigOne merupakan platform yang memungkinkan pemerintah menyatukan data yang tersebar dalam satu sistem manajemen data. Platform ini sekaligus mendukung upaya Satu Data Indonesia sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019.

Adapun BigSocial merupakan platform social media analytics yang memungkinkan penggunanya memantau tren, brand/merek, isu sosial politik dan ekonomi, personal brand dan lainnya di media sosial dan media digital yang ditampilkan dalam satu dashboard.

Dan Produk terakhir, BigCommerce, merupakan platform untuk menganalisis serta memonitor produk online di beberapa marketplace. Pengguna akan dengan mudah mengetahui informasi seperti jumlah penjualan produk, revenue dari penjualan produk, pedagang teratas berdasarkan penjualan, tolok ukur penetapan harga, jumlah pembelian di seluruh marketplace di Indonesia.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account