fbpx

Teknologi Data Warehouse dan Big Data

Teknologi Data Warehouse dan Big Data

Berbicara tentang teknologi di masa sekarang memang tidak pernah ada matinya. Teknologi setiap tahun ke tahun jaman ke jaman mengalami perubahan yang cukup signifikan. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi dan informasi terjadi begitu cepat. Teknologi sangat membantu manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari khususnya dalam sektor industri. Revolusi Industri 4.0 mengubah kehidupan secara perlahan ke arah digital. Interaksi antara manusia dan teknologi sudah tidak terelakkan lagi. Semua pemenuhan kebutuhan sudah tersedia secara digital mulai dari jual-beli, jasa, hingga transaksi pembayaran sehingga setiap harinya menghasilkan banyak data. Big data merupakan salah satu teknologi yang menjadi unsur utama terhadap pengembangan industri konvensional menuju industri digital. Bukan hanya Big Data yang menjadi teknologi pengolahan data, sebelumnya data warehouse lebih dulu dikenal untuk pengolahan data.

Data Warehouse

Data warehouse merupakan gudang data yang merupakan koleksi data yang memiliki sifat time-variant, subject-oriented, dan terintegrasi yang berperan dalam proses analisa pengambilan keputusan. Data yang ada pada data warehouse tidak bisa dipecah-pecah karena merupakan satu kesatuan yang menunjang keseluruhan konsep data warehouse.

Karakteristik umum yang dimiliki data warehouse adalah:

  • Data terintegrasi dari berbagai sumber yang berasal dari proses transaksional (OLTP)
  • Data dibuat konsisten
  • Merupakan aggregate data / kesimpulan data, bukan data yang terperinci
  • Data bertahan lebih lama
  • Data tersimpan dalam format yang tepat sehingga proses qury dan analisa dapat dilakukan dengan cepat
  • Data bersifat ready only

Big Data

Big data dapat digambarkan sebagai volume besar data baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Perusahaan tiap harinya menerima jumlah data yang besar akan tetapi bukan jumlah data yang penting melainkan apa yang akan dilakukan oleh perusahaan dengan data itulah yang penting. Big data merupakan suatu teknologi yang dapat melakukan pengolahan suatu informasi atau data, melakukan penyimpanan dan analisis data yang sangat kompleks dalam beragam bentuk/format. Big data sudah dimanfaatkan dalam berbagai jenis bisnis serta mampu membantu dalam menentukan arah dalam bisnis

Big data dapat didefinisikan dengan 3 V, yaitu:

  • Volume

Perusahaan pada umumnya setiap hari menerima banyak informasi data dari terabyte bahkan petabyte informasi. Perusahaan berusaha untuk memanfaatkan data untuk meningkatkan pengambilan keputusan. Volume mengacu pada massa data. Volume data ini dapat mengubah ribuan data ke dalam peningkatan sentimen analisis produk dan mengkonvert data tahunan untuk menganalisa target-segmen pasar perusahaan.

  • Velocity

Big data merupakan jenis data-data baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur seperti teks, data sensor, audio, video, klik stream, file log dan lainnya. Velocity atau kecepatan dimana data dibuat, diolah dan dianalisis terus menerus dan berkontribusi untuk kecepatan yang lebih tinggi. Data-data tersebut nantinya akan didistribusikan secara tepat baik melalui pemrosesan hardware maupun software untuk disajikan secara real-time

  • Variety

Variety atau variasi merupakan pengolahan kompleksitas beberapa jenis data baik data terstruktur, semi-struktur dan data tidak terstruktur. Perusahaan perlu mengintegrasikan dan menganalisis data baik informasi tradisional dan non tradisional informasi, dari dalam dan luar perusahaan.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Copyright © 2021 BigBox. All rights reserved. Various trademarks held by their respective owners.
Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account