Satu Data Indonesia, Bisakah Menjadi Tool Untuk Anti Korupsi?

Satu Data Indonesia, Bisakah Menjadi Tool Untuk Anti Korupsi?

Akibat banyaknya praktik korupsi, negara Indonesia mengalami kerugian hingga milyaran rupiah. Karena korupsi adalah masalah yang kompleks dan tak jarang melibatkan instansi, dibutuhkan cara menangani dengan teknik analisa mendalam dan bantuan teknologi big data.

 

Bagaimana big data analytics bekerja dalam memberantas korupsi?

Pemerintah dan korporasi memiliki birokrasi yang relatif rumit. Pola birokrasi yang panjang ini menimbulkan peluang untuk korupsi. Dengan banyaknya dokumen yang harus diperiksa, ada keterbatasan dari segi sumber daya yang membuat korupsi susah untuk diberantas.

Big data analytics meniadakan peluang human error tersebut karena setiap proses dapat direkam dan ditelusuri satu per satu. Selain itu, teknologi big data juga mampu menelusuri ratusan hingga puluhan ribu dokumen dalam waktu bersamaan dan memberikan hasil laporan dengan metrik yang telah ditetapkan.

 

Contoh kasus penerapan big data di luar negeri

Kasus pengungkapan kejahatan finansial pernah dilakukan oleh seorang anonim yang membocorkan Panama Papers dengan bantuan Big Data. Panama Papers menguak lebih dari 11 ribu dokumen keuangan dan menemukan ada banyak praktek pencucian uang dan korupsi disana. Dalam kasus ini, big data analytics software memiliki peran penting dalam melihat adanya keanehan pola dokumen ataupun tanda-tanda korupsi. Kemampuan untuk menganalisa dari aneka sumber yang berbeda menjadi kekuatan big data analytics.

 

Bagaimana dengan Satu data Indonesia?

Satu Data Indonesia menerapkan tata kelola data pemerintah dalam satu wadah yang transparan. Dengan big data analytics, pemerintah dapat menggunakan data mining untuk mencari informasi tentang penipuan pajak dan kejahatan finansial lainnya. Misalnya saja, data analytics dapat menemukan perusahaan-perusahaan yang tidak membayar pajak secara reguler.

Semarang Satu Data adalah contoh nyata dari penggunaan big data untuk mengumpulkan informasi dari seluruh satuan kerja perangkat daerah. Informasi yang diperoleh pun di update secara berkala sehingga datanya selalu valid. Dengan berbasis data, informasi yang dimiliki tidak tumpeng tindih sehingga mudah untuk melakukan pencegahan terhadap praktik korupsi.

Informasi tersebut dapat dipakai oleh pihak berwajib untuk mengidentifikasi adanya potensi korupsi atau pola yang tidak lazim dalam pembayaran pajak. Proses ini sangat efisien ketimbang menelusuri data secara manual satu per satu, yang tentunya butuh waktu lama untuk memecahkan.

 

Apa saja tantangan Satu data Indonesia sebagai tools anti korupsi?

Satu data Indonesia memiliki potensi besar sebagai tool untuk anti korupsi. Meski begitu, ada banyak tantangan yang perlu diperhatikan

  1. Open data

Beberapa kota di Indonesia sudah menerapkan smart city dan diperlukan banyak lagi daerah-daerah yang memiliki framework terbuka. Saat ini, banyak informasi dan data penduduk Indonesia yang belum benar-benar terintegrasi dan terkoneksi sehingga sulit untuk mendapatkan informasi yang benar-benar akurat.

Jika sistem open data sudah diterapkan di seluruh wilayah, makan akan sangat mudah untuk menginterpretasikan data dengan valid dan memberikan solusi dari permasalahan yang kompleks sekalipun.

  1. Proses pengolahan

Tak dapat dipungkiri bahwa pemberantasan korupsi terhambat oleh banyak faktor, salah satunya faktor sumber daya. Upaya pemberantasan korupsi dengan big data harus selaras dengan ketersediaan data pendukung dan teknologi yang digunakan sehingga proses olah datanya bebas hoaks dan dapat dipertanggungjawabkan.

Saat ini big data sudah mulai diterapkan di berbagai sektor industri di Indonesia (link ke artikel big data untuk sektor industri). Namun tingkat akurasi yang masih belum mendekati sempurna bisa menjadi masalah lanjutan. Untuk itu, dibutuhkan tools yang benar-benar relevan dan tepat sasaran dalam mengolah data yang besar.

 

Praktik korupsi ditemui di banyak negara dan untuk memeranginya butuh keterlibatan banyak pihak. Satu Data Indonesia dapat menjadi solusi tepat untuk mendorong transparansi dan penerapan kelola informasi yang terintegrasi. Selain itu, Satu Data Indonesia juga dapat membantu penyelidikan tindak pidana korupsi dan membantu negara dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih.

 

Dengan adanya teknologi big data yang canggih, ruang gerak korupsi akan dibatasi karena mudah untuk menindak.

Ingin memastikan finansial perusahaan Anda bebas dari praktik yang tidak jujur? Big Box menyediakan layanan Enterprise Data Platform and Solution dengan menggabungkan pengolahan data dan solusi yang dapat diandalkan.

BigBox menggunakan teknologi big data yang berkualitas untuk memberikan platform analisa data yang akurat bagi perusahaan. BigBox menawarkan metode analisa yang mudah dengan berbagai format data, sehingga penyusunan laporan hasil analisa dapat dilakukan oleh karyawan perusahaan Anda.

 

Gunakan BigBox dalam perusahaan Anda untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat

Sebagai platform yang berbasis open source, BigBox dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga sifatnya personal dan unik untuk mendapatkan hasil laporan analisa yang akurat dan sesuai dengan kondisi perusahaan.

 

Sumber:

https://metro.tempo.co/read/1285313/sistem-big-data-anies-kpk-bisa-cegah-korupsi

https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/tantangan-yang-dihadapi-di-era-big-data

https://www.kpk.go.id/id/berita/berita-kpk/659-pemberantasan-korupsi-era-disrupsi

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account