fbpx

Peran Big Data dalam Society 5.0

Peran Big Data Dalam Society 5.0

Society 5.0 berasal dari jepang yang merupakan suatu konsep Society yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based). Konsep Society 5.0 lahir sebagai pengembangan dari revolusi industri 4.0 yang dinilai berpotensi menghilangkan peran manusia.

Di Society 5.0, manusia, benda dan system semua terhubung di dunia maya dan memperoleh hasil optimal yang diperoleh oleh Artificial Intelligence (AI). Society 4.0 menggunakan otomasi, robot, internet, rantai pasokan secara global dan juga big data yang terbentuk dari informasi internet, akan tetapi di Society 5.0, Big data berkembang secara signifikan, Big data terbentuk dari sensor kemudian terhubung melalui Internet of Things (IoT) dan dianalisis menggunakan artificial intelligence untuk dimanfaatkan dan mensejahterakan masyarakat.

Society 5.0 dalam berbagai bidang:

  • Healthcare, menghubungkan dan berbagi data medis yang tersebar di rumah sakit akan menyediakan perawatan medis yang efektif berdasarkan data yang ada. Perawatan medis jarak jauh memungkinkan lansia atau orang tua tidak lagi harus sering mengunjungi rumah sakit. Selain itu masyarakat dapat mengukur dan mengelola data kesehatan seperti detak jantung ketika sedang di rumah.
  • Infrastructure, kerusakan yang terjadi pada infrastruktur dapat terdetect dan diperbaiki lebih awal oleh teknologi baru, robot dan sensor. Sehingga dapat meminimalisir kecelakaan yang tidak diinginkan dan mempercepat waktu pekerjaan kontruksi.
  • Fintech, pengiriman uang ke luar negeri sangat merepotkan karena kita harus menghabiskan waktu dan membayar biaya bank. Teknologi blockchain dapat mengurangi waktu dan biaya serta menjamin keamanan dalam transaksi bisnis global.

Pemanfaatan Big Data yang mengikuti perkembangan Society 5.0 bisa dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang pemanfaatan teknologi wearable. Teknologi wearable biasanya digunakan untuk membantu aktivitas sehari-hari seperti komunikasi dan navigasi. Tapi di tangan Daniel Oscar Baskoro (peneliti dari Universitas Gajah Mada), teknologi wearable telah menjelma sebagai teknologi pengumpul informasi Big Data. Oscar menjelaskan tentang teknologi wearable dan menampilkan sejumlah aplikasi yang ia kembangkan untuk Google Glass dan smartphone, yaitu Quick Disaster, Weaver, Realive, dan Stress Rate.

Society 5.0 mengubah cara pandang manusia terhadap valuasi suatu bisnis. Analisis bisnis di era digital sudah berubah. Aset tak lagi tangible, ada aset intangible yang tak bisa diukur dan dicatat pada balance sheet akuntansi.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Copyright © 2021 BigBox. All rights reserved. Various trademarks held by their respective owners.
Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account