Pentingnya Peran Big Data Dalam Menyusun Strategi Marketing Perusahaan

Tanpa big data analytics, sebuah perusahaan seperti buta dan tuli karena tidak dapat mendengar keinginan konsumen dan melihat tren industri ke depannya. Big data platform dapat diterapkan di berbagai sektor industri dan departemen-departemen di dalam sebuah perusahaan. Dari sekian banyak sektor dan departemen, marketing adalah salah satu faktor penting yang dapat menggunakan big data analytics untuk kebutuhan penyusunan strategi pemasaran sebuah perusahaan. Jika Anda bergerak di bidang marketing, big data dapat memberikan 3 informasi penting berupa customer data, financial data dan operational data. Setiap data tersebut diperoleh dari sumber yang berbeda dan tersimpan dalam format yang berbeda pula. 

  1. Customer data: customer data membantu marketer untuk memahami target audiens mereka. Data yang sudah pasti tentunya berupa nama, alamat email, pembelian dan lain sebagainya. Data yang tidak kalah penting adalah perilaku konsumen yang bisa Anda peroleh dari aktivitas media sosial, survei dan komunitas online.
  2. Financial data: data ini membantu para marketer untuk mengetahui performa campaign mereka agar dapat bekerja secara efisien. Statistic penjualan dan marketing serta margin berada di dalam laporan keuangan ini. Jika memungkinkan, big data juga dapat mengestimasi dan menganalisa keuangan para competitor Anda. 
  3. Operational data: data ini berhubungan dengan proses bisnis. Bisa juga berkaitan dengan pengiriman barang, logistik, CRM dan feedback dari monitoring asset Anda. Solusi Big data dapat diintegrasikan dengan operasional untuk menganalisa performa dan mengurangi biaya. 

Peran Big Data Dalam Meningkatkan Strategi Marketing Perusahaan

Big data platform membawa marketing ke level yang berikutnya. Dengan analisa big data, marketer dapat membuat keputusan penting dengan tepat. Berikut adalah beberapa area yang dapat jika Anda menggunakan big data analytics dalam marketing produk Anda sekaligus cara mengaplikasikannya.

  • Mendesain marketing campaign yang tepat sasaran

Solusi big data meringankan pekerjaan Anda dalam mengidentifikasi siapa konsumen Anda dan apa yang mereka inginkan. Sudah bukan jamannya lagi marketing menawarkan door to door untuk meningkatkan penjualan. Saat marketer hanya perlu menggunakan big data untuk menargetkan konsumen potensial yang pasti tertarik dengan produk Anda, di waktu yang tepat.

 

Salah satu contoh solusi big data adalah penempatan cookie pada file. Setiap kali user berselancar di internet, secuil informasi berkaitan dengan aktivitas mereka di website tersebut dapat dikumpulkan untuk diproses lebih lanjut. Dengan informasi ini, marketer dapat membuat marketing personal yang ditargetkan kepada setiap individu berdasarkan pola belanja dan kemampuan belanja mereka. Dengan big data analytics tool yang mumpuni, data dilaporkan beserta dengan solusinya. 

  • Membantu menentukan harga

Cara lama untuk menentukan harga jual sebuah produk adalah dengan menghitung harga produksi dan membandingkannya dengan harga yang dipatok oleh competitor. 

 

Untuk bisnis skala kecil mungkin cara tradisional ini masih bisa diterapkan. Tapi untuk perusahaan besar tentunya tidak semudah itu. Disinilah big data dapat menjadi solusi. Big data analytics mengumpulkan data lebih detail, tidak hanya produk yang dibeli konsumen tapi juga preferensi produknya seperti apa. Selain itu, Big data analytics dapat mempertimbangkan faktor ekonomi dan penjualan saat ini. Semua dihitung secara otomatis dengan tingkat kesalahan yang hampir 0% dan menghemat waktu serta sumber daya. 

 

  • Menunjukkan konten yang personal

Anda mungkin sudah menyadari bahwa Google selalu tahu produk apa yang baru saja Anda lihat di internet dan kemudian akan menampilkannya secara terus menerus ke hadapan Anda dalam bentuk iklan. 

Begitu juga Netflix. Aplikasi ini sangat tahu selera film Anda seperti apa dan merekomendasikannya selalu kepada Anda. Begitulah big data bekerja dengan cara yang efektif. Dengan memanfaatkan informasi yang tidak diberitahukan oleh konsumen, tetapi dengan mengamati perilaku konsumen. 

Dua contoh di atas menggambarkan betapa efektif big data analytics bekerja. Anda juga dapat memanfaatkan big data platforms dengan memberikan konten yang personal bagi para pelanggan Anda. Big data mengingat browsing history setiap individu sehingga saat mereka login kembali, mereka akan disuguhkan layanan yang sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini berkaitan dengna point selanjutnya.

  • Meningkatkan layanan konsumen

Big data analytics dapat meningkatkan pengalaman konsumen saat menggunakan layanan Anda. Ketika seorang pelanggan puas dengan layanan Anda, maka penjualan pun meningkat seiring waktu. Salah satu cara big data merubah layanan konsumen adalah dengan penggunaan chatbot atau mesin penjawab otomatis. Software chatbot dapat diintegrasikan dengan aplikasi pengirim pesan dan berinteraksi dengan konsumen. Chatbot menjadi populer sebagai business tool karena mampu memberikan feedback yang cepat dan menghemat waktu serta biaya.

Big data dapat menjadikan perusahaan Anda sebagai perusahaan berbasis data yang memiliki solusi tepat guna. BigBox adalah layanan big data analytics yang dapat membantu perusahaan Anda meraih kesuksesan secara efisien dan menentukan target market yang tepat sasaran. BigBox data platform menawarkan layanan analytics dengan beragam format dan laporan untuk membantu perusahaan Anda menentukan strategi yang tepat. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dan bangun solusi tepat guna bersama kami

 

Sumber

https://www.growthramp.io/articles/big-data-marketing

https://www.bannerflow.com/blog/guide-to-data-driven-marketing-big-data-marketing/

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account