Pemanfaatan Big Data dalam Logistik

Informasi kini menjadi fokus utama sebagai strategi dalam bersaing. Bahkan saat ini tak sedikit perusahaan berusaha mendapatkan sekaligus memanfaatkan data guna keperluan pengambilan keputusan dalam bisnis maupun kegiatan operasional secara akurat. 

Beberapa informasi terkait preferensi pelanggan, prediksi volume terciptanya penjualan hingga optimasi kapasitas operasi, sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi para manajer untuk mengelola bisnis mereka di era persaingan saat ini. 

Dalam hal ini, data adalah sumber daya dan kekuatan terbesar bagi perusahaan untuk mengelola bisnis agar mencapai kesuksesan.

Hanya saja, ketersediaan data sekarang ini begitu kompleks. Sebagai tantangannya, setiap manajer harus mengolah dan memilah data ke dalam informasi yang akurat dan relevan dalam pengambilan keputusan usaha. 

Terlebih di era digital seperti sekarang ini, lewat akses internet saat ini yang sudah berkembang hingga ke berbagai sistem komunikasi berbasis Internet of Things-Iot, yang segala sesuatunya memanfaatkan teknologi internet, maka kebutuhan akan data bisa diperoleh dengan cepat dan mudah, dalam jumlah cukup besar.

 

Dimensi Nilai Big Data

Saat perusahaan memanfaatkan Big Data dalam strategi untuk bersaing, maka pertanyaan yang diajukan pertama ialah jenis Big Data apa yang bisa mendorong peningkatan terhadap nilai organisasi? Berdasarkan sisi nilai dari informasi Big Data, terdapat 3 dimensi penggunaan Big Data untuk organisasi bisnis, diantaranya pengalaman pelanggan, model bisnis baru dan efisiensi operasional.

Pemanfaatan Big data bagi efisiensi operasional sendiri didapat dari peningkatan transparansi, perbaikan kinerja dan kualitas, serta optimalisasi konsumsi sumber daya. Perusahaan bisa mengeksploitasi data dalam meningkatkan kualitas interaksi bersama pelanggan dalam memakai produk maupun layanan perusahaan.

 

Meningkatnya Data Rata-Rata Dua Kali Lipat di Era Digital

Di era digital belum lama ini,  data yang tersedia sudah meningkat pesat dengan rata-rata 2 kali lipat per tahunnya. Sebut saja, volume data yang tersedia di tahun 2010 ada sebanyak 2.000 exabytes, sedangkan di tahun 2015 meningkat hingga 10.000 exabytes. Diperkirakan volume data di tahun 2015 sendiri rata-rata mencapai 40.000 exabytes bahkan lebih.

Sebanding dengan jumlah volum data yang kian meningkat, data juga memiliki karakteristik yang berbeda secara substansial dibandingkan karakteristik data yang terjadi di tahun-tahun lalu. Beberapa diantaranya :

1. Data dari Perangkat yang Terkoneksi Internet

Aliran data dalam jumlah yang besar pertama diperoleh dari berbagai perangkat yang terkoneksi pada internet, sebut saja seperti RFID, sensor network, smartphone dan webcams. Semua perangkat tersebut.

2. Data Sangat Bervariasi dan Tidak Terstruktur

Data yang ada saat ini cenderung tidak terstruktur dan sangat bervariasi, seperti blog entries, suara, gambar, katalog e-commerce, dan forum diskusi. Keseluruhan data tersebut dalam jumlah yang besar, bervariasi dan diperoleh secara cepat. Sehingga dalam perkembangannya kini menjadi sebuah karakteristik Big Data. Perusahaan saat ini menganalisis dan mengelola Big Data guna meningkatkan nilai informasi pengambilan keputusan dalam berbisnis.

Manfaat Big Data Dalam Logistik

Analisis Big Data memberikan banyak keunggulan yang kompetitif dalam bidang logistik, mengingat perbedaan karakteristik yang bisa diterapkan di industri logistik secara efektif.

1. Optimasi Operasional

Optimasi kegiatan operasional, meliputi pemanfaatan sumber daya, cakupan geografis dan waktu pengiriman adalah salah satu tantangan terkuat dalam logistik. Bahkan kegiatan logistik yang berskala besar membutuhkan data untuk pengelolaan bidang logistik dengan efisien.

2. Penyerahan Barang yang Berwujud

Penyerahan barang yang berwujud memerlukan interaksi konsumen secara langsung saat proses pengiriman dan pick up barang. Dalam skala global, banyaknya jumlah poin interaksi bersama nasabah setiap harinya bisa memberikan peluang bagi umpan balik produk, intelijen pasar, hingga demografi. Dengan adanya Big Data dapat memberikan sarana multifungsi dalam menghasilkan pemahaman berharga terkait sentimen publik dan kualitas dari produk itu sendiri.

3. Sinkronisasi Bersama Pelanggan Bisnis

Solusi logistik yang modern telah mengintegrasikan sistem ke dalam produksi serta proses distribusi dalam berbagai sektor industri. Dengan ketatnya operasi pelanggan cenderung membuat para penyedia layanan logistik ikut merasakan geliatnya pasar vertikal, wilayah hingga bisnis perorangan.

4. Jaringan Informasi

Jaringan pengiriman dan transportasi dalam hal ini merupakan sumber data paling penting. Di samping memanfaatkan data guna mengoptimalkan jaringan tersebut, jaringan data bisa memberikan wawasan yang berharga terkait aliran dalam arus barang secara global. 

5. Cakupan Global, Kehadiran Lokal

Operasi desentralisasi adalah sebuah keharusan dalam layanan logistik. Pergerakan transportasi di seluruh negeri secara otomatis telah mengumpulkan banyak informasi lokal yang ada di sepanjang jalur transportasi. Sistem pengolahan aliran dari Big Data dalam armada pengiriman yang besar menghadirkan tampilan informasi berharga bagi lalu lintas, demografi dan statistik lingkungan.

 

Fitur Big Data Big Box Yang Akan Membantu Anda Dalam Masalah Logistik

Dengan sistem analitik Big Data lanjutan dari Bigbox dalam bisnis retail, Anda bisa lebih memahami sentimen dan perilaku konsumen. Anda bisa mempersonalisasi pengalaman belanja berbasis omnichannel dan menyesuaikan beragam lokal. Dapat mengubah harga dan promosi dengan cara dinamis. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan pemenuhan rantai pasokan.

Big data dari Big Box menghubungkan rantai pasokan atau supply chain. Dimana pengecer cerdas mengandalkan data yang terhubung berdasarkan permintaan eksternal dan internal untuk terus meningkatkan akurasi perkiraan permintaan dan presisi model analitik.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account