Cara Mengembangkan Bisnis Anda dengan Tools Marketplace

cara nengembangkan bisnis dengan tools marketplace big market

Dalam dunia marketplace, salah satu cara memaksimalkan penjualan adalah dengan menggunakan platform-platform yang tersedia. Tetapi bagaimana kita bisa tahu kalau usaha kita menghasilkan sebuah peningkatan?

 

Dalam menganalisa market, kita tidak bisa hanya berpedoman pada insting saja tetapi juga harus didukung dengan aktivitas yang dapat diukur dengan angka. Tools marketplace seperti marketplace analytic atau ecommerce analytics software fokus pada banyak hal penting, misalnya: tren pasar, persaingan, dan perbandingan produk berdasarkan transaksi penjualan Anda. 

 

Dengan tools marketplace yang mumpuni, Anda dapat lebih memahami aktivitas pasar industri Anda dan dapat mengambil keputusan cepat, berdasarkan analisa cerdas yang mendalam dan dapat diandalkan. 

 

Berikut adalah beberapa keuntungan menganalisa market dengan tools marketplace seperti marketplace analytics software untuk bisnis Anda

 

  1. Memahami target audience secara detail

Dengan memakai tools marketplace Anda dapat memahami demografi audiens secara terperinci. Mulai dari rentang usia, sampai ke tipe gadget yang mereka gunakan. Anda juga dapat mengetahui apa yang membuat audiens tertarik untuk berkunjung ke marketplace.

 

  1. Menentukan harga

Harga adalah faktor penting dalam sebuah brand/produk. Strategi menentukan harga memang dapat dilakukan dengan mempertimbangkan biaya operasional dan biaya pembuatan sebuah produk. Tetapi ada cara yang lebih praktis dari ini.

 

Dengan menggunakan marketplace atau ecommerce analytics software, Anda dapat membandingkan secara langsung berapa harga produk yang serupa di luar sana dan apa saja yang mempengaruhi orang untuk beli produk tersebut.

 

  1. Identifikasi kompetitor

Saat berjualan di marketplace, kita ingin produk kita menjadi paling unggul diantara para competitor dengan cara mengetahui unique selling point produk kita yang tidak dimiliki produk lain. Tetapi jika produk yang Anda jual memiliki banyak competitor, akan butuh waktu cukup lama untuk mengumpulkan informasi setiap pesaing. Anda bisa

menghemat waktu dengan menggunakan tools marketplace atau marketplace analytics software yang dapat mempersempit cakupan analisa.

 

  1. Mengukur efektivitas marketing campaign yang sedang dijalankan

Saat tim marketing Anda menjalankan sebuah campaign, pastinya Anda ingin tahu apakah program tersebut sukses atau gagal. Dengan memakai tools marketplace, informasi ini tersedia secara lengkap sehingga dapat diketahui seberapa besar interaksi pengguna internet terhadap website Anda dan berapa persentase penjualannya.

 

  1. Memonitor tren yang sedang berlangsung dan yang akan datang

Dengan menggabungkan fitur analytics dengan social listening, Anda dapat menemukan topik-topik seru yang sedang viral atau banyak dibicarakan saat ini dan memaksimalkan peluang yang Anda miliki untuk meningkatkan penjualan.

 

  1. Memperoleh laporan sesuai metrik

Selain menentukan harga dan target market, Anda dapat mempelajari posisi produk Anda di pasar dan mengolah feedback konsumen berdasarkan penjualan, lokasi pembeli, transaksi dan lain sebagainya.

 

  1. Membantu mengambil keputusan untuk masa depan perusahaan

Untuk menciptakan peluang baru, dibutuhkan analisa pasar yang tepat. Tools marketplace dapat membantu Anda memprediksi adanya peluang di masa mendatang sehingga Anda dapat melakukan kalkulasi seberapa banyak barang harus distok di gudang untuk disesuaikan dengan permintaan pasar.

 

Bisnis seperti apa yang membutuhkan marketplace analytics software?

 

Tipe bisnis di marketplace umumnya terbagi menjadi dua:

 

  1. Business to Consumer

Kimia Farma adalah salah satu contoh perusahaan yang menjual langsung kepada konsumen. Meski banyak ditemui counter Kimia Farma, perusahaan farmasi ini juga merambah dunia digital agar lebih mudah menjangkau konsumennya dengan proses kirim yang cepat diantar sampai tujuan.

 

Bisnis ecommerce B2C menjual langsung kepada konsumen. Mayoritas yang ada di marketplace saat ini adalah tipe bisnis B2C yang biasanya memiliki toko resmi kemudian mengembangkan usahanya lewat platform online.

 

  1. Consumer to Consumer

Tipe bisnis C2C menjual produk dan jasa dari konsumen ke konsumen lainnya melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada

 

Semua tipe bisnis diatas dapat menggunakan tools marketplace analytics software untuk menganalisa tren pasar dan mencapai target yang ditentukan.

 

Apa saja marketplace yang dapat dipelajari secara mendalam oleh BigMarket?

Keberadaan marketplace sudah tidak dapat dipisahkan dari masyarakat yang sudah melek teknologi. Belanja online pun menjadi solusi masyarakat untuk memperoleh barang yang mereka inginkan tanpa harus repot mencarinya ke luar. Selain itu, mereka juga memperoleh kemudahan dalam membandingkan harga produk secara cepat. 

 

Perusahaan Anda dapat mengambil peluang ini untuk menemukan target market yang tepat dengan menggunakan marketplace analytics tools. BigMarket memiliki fitur analisa cross platforms mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan banyak marketplace lainnya. Membandingkan tiap marketplace dan mengetahui apa keinginan konsumen lewat jejak digital mereka. 

 

Kembangkan bisnis Anda dengan BigMarket

 

Ecommerce analytics software tidak hanya meneliti performa website secara online saja tetapi juga mengukur hasil usaha-usaha marketing yang sudah Anda jalankan secara keseluruhan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan profit perusahaan.

 

BigBox dapat membantu berbagai perusahaan skala kecil maupun besar untuk menentukan strategi marketing dengan basis yang valid dan akurat lewat ecommerce analytics software yang tersedia. Dengan beralih ke bisnis berbasis data, Anda dapat mengidentifikasi strategi marketing apa saja yang efektif.

 

Gunakan berbagai tools untuk menganalisa sentimen produk, kompetitor, tolak ukur harga serta pembelian di seluruh marketplace. Dapatkan wawasan baru yang dapat diandalkan dan akurat untuk menentukan langkah pemasaran Anda berikutnya.

 

Tertarik untuk mencoba BigMarket, dan menjadi yang terdepan? Ingin tahu lebih banyak? Klik link ini untuk tahu lebih banyak mengenai BigMarket – tools marketplace karya anak bangsa & dapatkan potongan 30% saat register. Promo terbatas, jangan sampai kelewatan!

 

Sumber: 

 

https://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/online-marketplace-analysis/

 

https://blog.digimind.com/en/insight-driven-marketing/monitoring-consumer-behavior-and-market-trends-with-social-intelligence

 

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account