Cara Big Data Membantu Perusahaan Berkembang Lebih Cepat

Banyak masyarakat di kalangan pelaku bisnis yang masih salah paham tentang big data analytics software. Mereka berpikir bahwa big data hanya digunakan oleh perusahaan raksasa di bidang teknologi seperti Google, Amazon dan Facebook saja. Padahal big data platform membantu banyak sektor industri lain yang tidak ada hubungannya dengan bisnis teknologi. Kesalahpahaman lain yaitu bahwa hanya perusahaan raksasa saja yang pantas menggunakan big data karena mereka punya sumber daya dan data yang besar untuk dianalisa. 

Kenyataannya, big data menjadi salah satu sumber daya penting yang cukup terjangkau tetapi memberikan dampak yang besar bagi keberlangsungan sebuah bisnis. Pendekatan big data analytics dapat menjangkau peluang yang sebelumnya tidak terpikirkan dan meningkatkan kualitas produk dengan mendengarkan pelanggan setia Anda.

Namun, sebelum menggunakan big data analytics, ada baiknya menentukan dulu goals perusahaan Anda. Hal ini dikarenakan big data bekerja sesuai dengan metrik yang sudah Anda tentukan. 

01. Gunakan big data untuk memahami dunia industri Anda

Ada banyak sumber publik yang dapat dijadikan tolak ukur. Di dalam sebuah laporan keuangan perusahaan, misalnya. Ada banyak hal yang dapat dianalisa. Tetapi jika Anda menganalisanya secara tradisional dan manual, akan memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Cara efektif yang dapat Anda gunakan yaitu dengan mengimplementasikan teknologi Machine Learning yang berupa algoritma. Atau membuat monitoring tool yang memberikan data historis dan tren saat ini dan membuat pola bisnis untuk Anda. 

02. Gunakan big data untuk memahami competitor

Kompetitor Anda menjual produk dan jasa dengan menitikberatkan pada fitur-fiturnya. Kemudian customer mereka memberikan review dan menambahkan kritik pada produk yang dibeli. Percakapan konsumen dengan competitor bisa Anda amati secara public dan dari data ini, Anda dapat membuat produk atau jasa yang  lebih baik. 

Big data analytics tidak hanya memahami tren saja. Tapi juga dapat menghindari kesalahan yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Produk Anda akhirnya menjadi solusi konsumen saat mereka tidak mendapatkannya dari produk lain. Teknologi machine learning adalah bagian dari big data analytics software yang membantu bisnis agar melihat peluang dengan mata yang terbuka lebar.

03. Gunakan big data untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk Anda

Salah satu kelebihan dari big data analytics adalah kemampuannya untuk mengetahui faktor-faktor yang mungkin tersembunyi dibalik angka atau perilaku konsumen. Lewat laporan berbentuk diagram, grafik dan lain sebagainya – Anda dapat menyimak dengan jelas, apa yang menjadi kelemahan produk Anda dan bagaimana cara mengatasinya. Anda juga dapat mengetahui keunggulan produk Anda sehingga memiliki nilai jual yang lebih dibandingkan milik kompetitor. 

04. Gunakan big data untuk memahami konsumen

Terlepas dari tim yang solid dan sumber daya yang lengkap, para pelanggan setia adalah asset Anda. Dulu, loyalitas konsumen dibangun dalam waktu yang panjang dengan cara-cara yang sederhana seperti memberikan promo, ataupun dengan cara-cara yang besar dengan membagikan bonus. 

Namun cara tradisional ini terasa kurang efektif bila dijalankan tanpa melakukan pendekatan teknologi. Saat ini, banyak brand startup yang melakukan promosi dengan big data platform. Caranya? Dengan mengetahui perilaku konsumennya saat berbelanja sehari-sehari. 

Contohnya, ibu rumah tangga memiliki pola belanja rutin setiap akhir bulan. Hal ini dimanfaatkan oleh ads untuk menargetkan iklan promosi dan diskon belanja saat akhir bulan sehingga kemungkinan mereka untuk bergabung sangat besar.

Banyak perusahaan startup yang menerapkan big data analytics untuk memenangkan hati audiens dengan cepat di awal perjalanan mereka. Mereka dapat memprediksi dan memenuhi keinginan konsumen melebihi ekspektasi. Big data dapat menyebutkan pain point konsumen Anda. Paint point dapat menjadikan produk Anda solusi atas kesulitan konsumen. 

05. Gunakan big data untuk meminimalkan risiko produk tidak laku

Dengan big data analytics software, Anda dapat meningkatkan turnover barang dengan cara menghindari produk yang mati akibat tidak laku di pasaran. Analisa big data dapat menentukan produk terbaik dan terlaris serta disukai konsumen sehingga Anda tidak perlu membuat versi-versi lain dari produk sejenis. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisa inventaris dan laporan transaksi penjualan dalam kurun waktu tertentu.

Kembangkan perusahaan Anda dengan lebih cepat bersama BigBox

Big data analytics software tidak lagi menjadi sebuah tool eksluksif untuk kalangan perusahaan tertentu. Siapa saja dapat memanfaatkan big data untuk keberhasilan strategi bisnis perusahaan. Big data dapat merubah tren pasar menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan Anda. 

BigBox memberikan layanan infrastruktur data yang bisa diakses dimana saja.

BigBox data platform menawarkan layanan analytics dengan beragam format dan laporan untuk membantu perusahaan Anda menentukan strategi yang tepat. Hasil laporan big data analytics dari BigBox mudah untuk dipahami sehingga Anda dapat menerapkan kebijakan bisnis yang cepat saat diperlukan. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dan bangun solusi tepat guna bersama kami!

Sumber:

https://www.entrepreneur.com/article/239991

https://dzone.com/articles/how-big-data-analytics-is-helping-businesses-grow

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account