fbpx

Bagaimana Cara Mengukur Brand Awareness?

Social Media Anlytics – Meningkatkan brand awareness merupakan salah satu aktivitas marketing yang penting. Salah satu faktor pendorong terkuat pelanggan membeli sebuah produk adalah kemampuan pelanggan dalam mengingat sebuah produk. Kemampuan pelanggan dalam mengingat sebuah brand didukung oleh tampilan logo, tagline serta melalui proses pemasaran secara massal.

Setelah mengetahui pentingnya brand awareness, Anda perlu mengetahui bagaimana proses aktivitas brand awareness Anda selama ini berjalan. Apakah sudah efektif atau belum, bagian mana yang perlu di improve dan hal apa saja yang perlu dipertahankan. Namun, dalam penerapannya, mengukur brand awareness membutuhkan proses yang tidak mudah.

Berikut kami coba bantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengukur tingkat brand awareness brand Anda.

(1) Gunakan Social Listening Tools

Pelanggan kerap kali menyebutkan nama brand dan produk di dalam konten yang mereka buat. Entah di website, forum, Instagram, Twitter dan channel-channel lainnya. Jadi, memantau mention hal-hal yang terkait brand Anda sangatlah penting dan merupakan suatu informasi yang  berharga. Selain untuk mengetahui seberapa populer brand/produk, Anda juga akan mendapatkan feedback dari pelanggan terkait brand/product yang sedang ingin Anda pantau.

Anda dapat menggunakan tools khusus seperti Social Media Analytics guna mendapatkan insight tersebut. Dengan melakukan memasukkan beberapa kata kunci yang ingin anda amati, berbagai macam insight dapat anda ketahui secara instan.

 

Sumber: Dasbor social media analytics BigBox

(2) Pantau Website Traffic

Gunakan google analytics untuk jumlah traffic yang berasal dari masing-masing channel. Click “Acquisition” lalu klik “All traffic” dan “Channel”. Dari sini, Anda dapat mengetahui seberapa banyak user yang datang dari channel social media yang berkunjung ke website. Insight ini juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui channel mana yang paling berkontribusi dalam mendatangkan traffic bagi website Anda.

Sumber: Google Analytic

(3) Lakukan Brand Survey

Anda dapat dapat melakukan survei dengan berbagai cara. Anda dapat melakukan survey melalui email, website atau telepon untuk mengetahui darimana pelanggan mengetahui brand Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menanyakan hal-hal terkait brand Anda kepada orang secara acak. Hal ini akan memberikan Anda insight, seberapa familiar orang-orang mengenal brand Anda.

Untuk mempermudah Anda dalam mengukur brand awareness, diperlukan alat penunjang seperti social media analytics tools yang berfungsi untuk memberikan insight secara mendalam, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan cepat. Tertarik untuk menggunakan social media analytics tools? Anda dapat menghubungi tim kami dengan mengklik link berikut: http://bit.ly/BIGBOXbigdataplatform

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Copyright © 2021 BigBox. All rights reserved. Various trademarks held by their respective owners.
Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account