Bagaimana Big Data membantu Pemerintah dalam Mewujudkan Satu Data Indonesia?

Bagaimana Big Data membantu Pemerintah dalam Mewujudkan Satu Data Indonesia?

Pada tahun 2019, Presiden Jokowi menetapkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (Perpres SDI). Dengan ketetapan ini, Satu Data Indonesia menjadi kebijakan tata kelola untuk data pemerintahan sehingga data-data tersebut menjadi terpadu, akurat dan terkini, serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Setelah pemerintah RI menetapkan kebijakan tata kelola data lewat program Satu Data Indonesia, kini akses dan berbagi data resmi di berbagai instansi pemerintah – baik pusat maupun daerah – sangat transparan dan mudah. Tak hanya mudah, data yang dibagikan ini memiliki tingkat akurasi tinggi, terkini dan terpadu serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Keunggulan terbesar dari Satu Data Indonesia adalah fleksibilitasnya. Dengan software yang dapat di kustomasi, analisa big data dapat diaplikasikan ke berbagai industri dan hasilnya membawa dampak yang positif baik dari skala lokal maupun global. 

Saat ini, banyak hal yang ditangani oleh pemerintah yang sifatnya kompleks. Dengan ratusan juta penduduk dan beragam instansi yang ada, sangat penting untuk memperoleh informasi yang valid dan akurat. Implementasi Satu Data Indonesia memungkinkan pemerintah untuk mengakses informasi yang sifatnya besar dan krusial setiap harinya serta memberikan solusi yang cepat terhadap masalah-masalah publik yang membutuhkan perhatian khusus. Kedepannya, Satu Data Indonesia dapat membantu memberikan pertimbangan data saat pemerintah hendak mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk public. 

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi Satu Data Indonesia di berbagai instansi

Dari segi ekonomi

Satu Data Indonesia memberikan informasi kepada pemerintah untuk menemukan cara-cara efektif dan inovatif dalam mengatasi kemiskinan di negara Indonesia. Dengan kumpulan parameter yang diperoleh dari big data, pemerintah akan lebih mudah untuk menentukan lokasi mana yang membutuhkan perhatian lebih dan bagaimana program pengentasan kemiskinan dapat terlaksana

Segi pariwisata 

Tak hanya dari sektor ekonomi saja. Pariwisata Indonesia juga akan melakukan pendekatan big data untuk mengetahui potensi-potensi tiap daerah. Metode big data dipakai untuk memetakan berbagai aspek pariwisata sehingga mampu menarik pengunjung sesuai dengan minatnya. Metode ini jauh lebih efektif karena promosi sangat tertarget dan personal. Penggunaan metode big data analytics juga sebagai upaya untuk membangkitkan lagi sektor pariwisata ditengah pandemi. 

Segi sosial budaya

Big data membantu sektor sosial dan budaya untuk mendapatkan parameter budaya yang kerap sulit untuk diidentifikasi. Dalam lingkup yang kecil contohnya – seorang individu dapat dinilai performanya dari caranya berinteraksi dan bagaimana nilai-nilai budaya diterapkan oleh individu tersebut. Mengumpulkan dan mengamati data publik memungkinkan pemerintah untuk memetakan tren sosial budaya saat ini dan saat mendatang, serta mengatasi masalah-masalah yang timbul dengan metode yang terukur. 

 

Dari segi transportasi

Setiap hari, jutaan pengguna jalan dihadapkan dengan masalah infrastruktur dan keamanan berlalulintas. Sangat penting untuk mengontrol jumlah kecelakaan di jalan dengan menggunakan big data sehingga jalan-jalan yang rusak bisa segera diketahui dan diperbaiki. 

Program Satu Data Indonesia juga sangat bermanfaat dalam pemberlakuan prosedur e-tilang yang sedang gesit dijalankan oleh pemerintah saat ini. Dengan cctv yang terhubung di banyak titik, para pelanggar marka dapat teridentifikasi jelas baik figur maupun nomor kendaraannya. 

Dari segi kesehatan

Instansi kesehatan menangani isu yang rumit setiap harinya. Contohnya sistem BPJS yang menangani seluruh masyarakat Indonesia. Dengan banyaknya informasi yang didapatkan, pemerintah dapat lebih efektif saat hendak memberikan alokasi subsidi berdasarkan data-data yang diperoleh. Dengan Satu Data Indonesia, program subsidi dapat meminimalkan risiko pelanggaran maupun tidak tepat sasaran. Pemerintah akan memiliki gambaran besar aliran bantuan dan mempunyai control yang besar terhadap lajunya. 

Dari segi pendidikan

Instansi yang tak kalah penting yaitu Pendidikan. Satu Data Indonesia dapat memberikan informasi faktual untuk meningkatkan mutu Pendidikan Indonesia di segala tingkat. Dengan big data analytics, pemerintah memperoleh informasi yang relevan mengenai kebutuhan Pendidikan masyarakat sehingga setiap lapisan dapat memperoleh edukasi secara merata demi masa depan bangsa.

Dari segi agrikultur

Indonesia memiliki beragam jenis ternak dan tanaman pertanian yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Dengan topografi dan demografi penduduk yang berbeda-beda di tiap wilayah, permasalahan agrikultur menjadi kompleks karena setiap kebijakan pemerintah harus dapat mewakili instansi terkait. 

Satu Data Indonesia memungkinkan pemerintah untuk memantau kegiatan pertanian dan peternakan sekaligus mengumpulkan jutaan data agrikultur di seluruh Indonesia. Informasi ini sangat berguna untuk memecahkan masalah yang kompleks seputar agrikultur. 

Lewat satu Data Indonesia, setiap informasi memiliki standar dan terstruktur sehingga dapat dengan mudah ditemukan dan diolah kembali dalam bentuk grafik, diagram, table maupun peta.

 

Daftar panjang manfaat Satu Data Indonesia tidak hanya sampai disini. Selain proses pengambilan keputusan yang dapat dilakukan dengan cepat, pemanfaatan big data dapat meningkatkan produktivitas kinerja setiap instansi karena baik karyawan teknis maupun non teknis dapat bekerja dengan data yang lengkap untuk mendukung para pengambil keputusan. Di sisi lain, adanya satu data Indonesia juga sangat meminimalkan risiko penipuan dan penyalahgunaan wewenang karena tingkat transparansi yang tinggi. Informasi yang juga bisa diakses oleh masyarakat juga membuat public turut berpatisipasi mengawal jalannya pemerintahan. 

Teknologi big data yang tergabung dalam Satu Data Indonesia berperan penting bagi pemerintah dan masyarakat.

Di Indonesia sendiri sudah ada 8 kota yang menerapkan Smart City (link ke artikel 8 Kota di Indonesia yang Sudah Menerapkan Smart City) dan memanfaatkan big data untuk kebutuhan publik mulai dari perijinan hingga layanan pengaduan. 

Program ini membantu pihak berwenang untuk mengambil berbagai keputusan penting dan memastikan bahwa langkah-langkah yang diambil sudah berada di jalur yang benar. Satu Data Indonesia memberikan pemerintah sebuah alat untuk membuat perubahan positif di negeri kita. 

Kehadiran big data tentu membantu instansi untuk mencapai tujuan. Untuk itu, BigBox sebagai penyedia layanan end-to-end big data platform hadir guna memberikan solusi  dalam penerapan dan pengembangan big data.

 

Sumber:

https://www.ayosurabaya.com/read/2021/03/27/9109/cara-mengetahui-anda-kena-tilang-elektronik-surabaya-hingga-cara-bayar-tilang

http://ditlin.tanamanpangan.pertanian.go.id/assets/front/uploads/document/Bahan%20Tayang_5%20Feb%202020%20REV%202%20Pusdatin%20AWR.pdf

https://www.smartdatacollective.com/how-big-data-and-education-can-work-together-help-students-thrive/

https://aptika.kominfo.go.id/2020/01/peraturan-presiden-satu-data-indonesia-sdi/

https://www.workhuman.com/resources/globoforce-blog/measuring-managing-culture-with-big-data

 

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account