fbpx

Apa Perbedaan Social Media Listening dan Social Media Monitoring?

Social Media Listening – Dalam dunia marketing, kita sering mendengar berbagai macam istilah. Beberapa  diantaranya adalah social media monitoring dan social media listening. Lantas, apa perbedaannya?

Social media monitoring adalah kegiatan memantau dengan cara membalas pesan ataupun feedback dari konsumen/pengguna yang ditujukan ke brand Anda di berbagai channel.

Sedangkan, social media listening adalah suatu proses untuk lebih memahami secara mendalam target konsumen Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menangkap percakapan mengenai industri, brand Anda, kompetitor, dan segala topik yang berhubungan dengan brand Anda.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak 4 perbedaan social media monitoring dan social media listening berikut ini.

(1) Skala

Social media monitoring mencakup skala yang kecil sedangkan social media listening mencakup skala yang lebih besar.

Saat melakukan social media monitoring, Anda hanya merespon konsumen saat menerima pesan/feedback dari mereka. Sedangkan ketika Anda melakukan social media listening, Anda dapat mengetahui bagaimana produk, perusahaan, kompetitor dan hal-hal yang terkait brand Anda diperbincangkan secara menyeluruh.

(2) Pendekatan

Pendekatan yang digunakan oleh social media monitoring bersifat reaktif. Artinya, ketika menjalankan social media monitoring, Anda harus menemukan terlebih dahulu pesan untuk direspon. 

Sedangkan dengan social media listening, Anda dapat melihat gambaran besar dari suatu hal. Misalnya, Anda adalah sebuah brand fashion. Anda dapat menemukan konsumen yang memperbincangkan produk sleepwear selama masa pandemi. Dari situ, Anda dapat mengetahui seberapa populer produk sleepwear selama masa pandemi dan apa saja respon yang orang berikan terkait produk tersebut.

(3) Tujuan

Tujuan yang dicapai dengan menerapkan social media monitoring adalah untuk customer care dan social selling. Sedangkan social media listening, tujuan bisnis yang ingin diraih lebih luas seperti meningkatkan brand awareness, melakukan improvement produk, mengetahui sentimen publik terkait brand atau produk, dan masih banyak lagi

(4) Alat/Tools

Anda tidak memerlukan tools khusus ketika menjalankan social media monitoring. Sebab, semua bisa Anda langsung temukan dan respon menggunakan akun media social Anda. 

Sedangkan untuk menjalankan social media listening, Anda membutuhkan tools khusus karena Anda harus menangkap insight yang lebih besar dibandingkan dengan social media monitoring.

Lantas, bagaimana cara melakukan social media listening? Anda dapat memulainya dengan melakukan uji coba gratis social media analytics platform dari kami. Hubungi tim kami dengan mengklik link berikut: http://bit.ly/BIGBOXbigdataplatform

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account