fbpx

Apa itu Big Data: Menyimak Kembali Definisi Big Data dan Manfaat Big Data

Apa itu Big Data?

Big Data Indonesia – Berdasarkan definisi dari International Business Machines (IBM), Big Data adalah sebuah teknologi yang memungkinkan proses pengolahan, penyimpanan dan analisa data dalam jumlah yang sangat besar dan bentuk yang kompleks sehingga teknologi database tradisional tidak dapat mengolahnya.    

Kehadiran big data berangkat dari fakta bahwa pertumbuhan data terus meningkat pesat hingga melampaui kemampuan media penyimpanan maupun sistem database konvensional.

Rio Tinto, salah satu perusahaan yang bergerak di sektor material, berhasil mengurangi biaya perusahaan sebesar 80 juta dolar amerika dari pemanfaatan analisa data yang ada di ratusan ribu titik data di pabrik tembaga Rio Tinto.

Di Indonesia sendiri pemanfaatan big data mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Berdasarkan data International Data Corporation (IDC) pertumbuhan bisnis big data dan business analytics di Indonesia tumbuh 19,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Salah satu pengguna terbesar big data adalah industri perbankan. Menurut Direktur Eksekutif Departemen Statistik Bank Indonesia (BI) Yati Kurniati, big data dalam industri perbankan sudah digunakan untuk mengamati perilaku nasabah. “Biasanya untuk analisis risiko kredit, mengerti behavior dari nasabah” ujarnya seperti dikutip Kontan.

Hal yang sama dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Setelah kasus skimming yang terjadi tahun 2018, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggunakan teknologi Machine Learning untuk mengetahui anomali transaksi. Hal ini dikarenakan teknologi tersebut mampu mengelola risiko dengan lebih efisien.

Beberapa manfaat yang akan perusahaan dapatkan ketika memanfaatkan big data adalah sebagai berikut

  1. Optimalisasi biaya perusahaan
  2. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis
  3. Product development
  4. Mendapatkan insight mengenai pelanggan dan pasar

Kehadiran big data tentu membantu perusahaan untuk mencapai tujuan. Tak hanya brand besar, usaha kecil menengah (UKM) juga dapat merasakan manfaatnya.

Untuk itu, Big Box hadir guna memberikan solusi dalam penerapan dan pengembangan big data. Hubungi tim kami dengan mengklik link berikut: http://bit.ly/BIGBOXbigdataplatform

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Copyright © 2021 BigBox. All rights reserved. Various trademarks held by their respective owners.
Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account