7 Perusahaan Ini Sukses Menerapkan Solusi Big Data untuk Bisnisnya

Perusahaan yang sukses menerapkan Solusi Big Data untuk Bisnisnya

Apa itu Big Data?

Big data adalah sebuah istilah untuk mendeskripsikan volume data yang sangat besar baik yang memiliki struktur maupun yang tidak. Yang terpenting dalam analisa big data bukan terletak pada seberapa besar datanya tetapi data mana yang diamati agar dapat memberikan manfaat bagi perusahaan yang terkait.

 

Berikut adalah beberapa contoh perusahaan dunia yang berhasil menerapkan big data analytics!

  1. Netflix

Netflix, sebuah layanan streaming yang berbasis langganan ini mendulang sukses dengan memberikan layanan konsumen yang sifatnya personal. Hal ini tidak lepas dari peran big data analytics software yang mengumpulkan lebih dari 150 juta pelanggannya dan mengamati interaksi dan respon mereka terhadap sebuah tayangan. Mulai dari jam berapa mereka biasa menonton, device apa yang mereka gunakan, dan apakah seseorang menonton sebuah tayangan sampai habis atau tidak. 

 

Informasi ini kemudian dipakai Netflix untuk kembali merekomendasikan film dan serial televisi yang sesuai dengan perilaku penontonnya. 

 

2. Starbucks 

Gerai kopi Starbucks menggunakan solusi big data yang mereka dapatkan dari survei dan transaksi pembelian pelanggan untuk menyajikan menu-menu yang mereka sukai. Data-data ini diolah dengan big data analytics software untuk mendapatkan menu-menu pilihan berdasarkan kegemaran pelanngan. 

 

3. Amazon

Amazon mengumpulkan data individu setiap pelanggannya saat mereka menggunakan situs web. Selain apa yang dibeli pelanggan, Amazon mengamati produk-produk lain dilihat oleh pelanggan tersebut dengan mengintegrasikan big data analytics software ke dalam website ecommerce-nya. Kemudian Amazon juga mengamati alamat pengiriman, dan apakah pelanggan meninggalkan ulasan. 

 

Big Data telah membantu mendorong Amazon ke puncak e-commerce. Perusahaan terhubung dengan tiap penjual dan agar dapat memastikan inventaris mereka. Amazon juga dapat melacak gudang terdekat yang dapat dipilih sehingga biaya pengirimannya dapat berkurang hingga 40 %. 

 

Dengan selalu update mengenai data-data ini, Amazon selalu dapat memprediksi kemungkinan tren di masa mendatang agar tidak tertinggal oleh pesaing dan selalu terdepan dalam melayani konsumen. 

 

4. Gojek

Gojek menghimpun data untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sekaligus mitranya. Selama masa pandemi ini misalnya, big data analytics software digunakan oleh Gojek untuk mengembangkan fitur contactless dalam pengiriman makanan agar dapat menerapkan social distancing. Selain itu, Gojek juga memberikan update bagi para driver, area mana saja yang tidak bisa dilewati karena PSBB. 

 

5. Telkomsel 

Sebagai pionir dalam mengadakan jaringan 2G, 3G dan 4G LTE di Indonesia, Telkomsel menerapkan big data analytics untuk memprediksi kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian lewat rekomendasi-rekomendasi yang diberikan secara personal oleh Telkomsel.

 

6. Traveloka 

Traveloka melakukan personalisasi dengan menerapkan solusi big data untuk membaca kebutuhan konsumennya. Dengan melacak kebiasaan konsumen serta lokasi mereka, Traveloka dapat merekomendasikan promosi yang berada di area pelanggannya. Traveloka juga menawarkan hotel maupun tiket perjalanan sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan konsumen dalam melakukan pencarian. 

 

7. OVO

OVO menggunakan solusi big data untuk lebih memahami keinginan konsumen. Dengan riset konsumen dan mengolahnya lewat big data analytics software, OVO dapat lebih mengenal tipe-tipe konsumen dan memberikan berbagai jenis layanan yang memang disukai oleh para penggunanya. 

 

Memahami keinginan konsumen dengan solusi big data

 

Saat ini, hampir setiap industri membutuhkan koleksi data yang dapat diamati agar perusahaan mampu memahami perilaku konsumennya. Selain itu, Big data juga dapat memberikan informasi mendalam mengenai produk dan servis mana yang populer. Dengan memiliki pemahaman pada tren pasar, Anda dapat selangkah lebih maju dibandingkan kompetitor. 

 

Bicara mengenai big data artinya membahas data yang sangat banyak, cepat berubah, dan kompleks. Itu sebabnya Anda membutuhkan big data analytics tools untuk melakukan Analisa secara cepat karena memakai cara tradisional seperti menyortir satu per satu secara manual akan memakan waktu lama. 

 

BigBox sebagai penyedia layanan end-to-end big data platform dapat membantu perusahaan Anda menyimpan, mengolah dan menganalisa big data. Baik perusahaan berskala kecil maupun besar, big data analytics software dari BigBox hadir untuk memajukan bisnis Anda agar dapat menjadi perusahaan berbasis data lewat solusi layanan yang terpadu.

Belum memiliki infrastruktur ataupun SDM yang mumpuni untuk mengolah big data platform? Hubungi BigBox untuk berkonsultasi lebih lanjut. 

 

Sumber:

 

Kepariwisataan terkait 4.0 dengan memanfaatkan big data http://jurnal.unpad.ac.id 

https://www.sas.com/en_id/insights/big-data/what-is-big-data.html

https://teknologi.bisnis.com/read/20181025/105/853170/ovo-dan-bukalapak-berbagi-pengalaman-berbisnis-menggunakan-big-data

Tags:
0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account