fbpx

6 Langkah Membuat Strategi Digital Marketing untuk Perusahaan B2B

Social Media Analytics – Kebutuhan digital marketing di perusahaan B2B kian lama semakin diperlukan. Data dari Disruptive Advertising menyatakan bahwa sebanyak 80% orang akan mengunjungi website ketika mereka hendak menggunakan suatu produk. Selain itu, 75% pelanggan B2B dan 84% pembeli dari tingkat C-Level dipengaruhi media sosial ketika melakukan pembelian. 

Dari fakta diatas, tentu sudah waktunya perusahaan Anda untuk terjun ke digital marketing mengikuti jejak IBM, Hootsuite, HubSpot dan perusahaan B2B lainnya yang sukses berkat aktivitas digital marketing yang mereka lakukan.

Simak 6 langkah membuat strategi digital marketing untuk perusahaan B2B berikut ini.

(1) Lakukan benchmarking dengan akun kompetitor

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melakukan benchmarking dengan digital assets milik kompetitor. Tentukan kompetitor Anda lalu identifikasi dan lakukan analisis pada setiap digital asset kompetitor Anda.

Anda juga dapat menambahkan keterangan seperti aktif/tidak aktifnya suatu digital asset. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membaca data dan membandingkan progress digital marketing Anda dengan kompetitor untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam membuat strategi digital marketing.

Digital Asset Comparison

Digital Asset Comparison

(2) Lakukan Digital Asset Audit

Selanjutnya, Anda dapat melakukan prosess digital asset audit. Bagaimana cara melakukanya?

Anda dapat membuat table yang berisikan kondisi digital asset akun perusahaan Anda mencakup audience profile saat ini, frekuensi posting, followers, followers growth, engagement rate, top issue dan sentiment.

Digital Assets Audit for B2B Company

Digital Assets Audit for B2B Company

Untuk mendapatkan insight di atas, Anda dapat melihatnya dari analitik di masing-masing channel. Namun, tidak semua insight bisa Anda dapatkan. Ada beberapa hal yang hanya bisa Anda dapatkan melalui social media analytic. Beberapa fitur seperti sentiment analysis, engagement rate, hingga top issue bisa Anda dapatkan melalui tools tersebut.

(3) Identifikasi Target Audience

Selalu tempatkan audiens sebagai kompas pembuatan strategi digital marketing. Pahami target audience karena sebagian besar pertanyaan dari bisnis dan aktivitas digital marketing bisa terjawab dengan memahami audiens Anda.

Lantas, bagaimana cara memahami audience untuk bisnis Anda? 

Pertama-tama, Anda dapat menemukannya pada saat membuat value proposition canvas. Lakukan research dan mulailah menganalisis siapa saja yang membutuhkan produk Anda melalui proses tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat mengenal lebih dekat audience Anda dengan menggunakan social listening tools. Anda dapat mengetahui percakapan online terkait brand dan industri dengan beberapa cara seperti berikut ini:

  1. Memantau bagaimana pihak kompetitor melakukan percakapan dengan target audiens mereka
  2. Melakukan research keyword
  3. Menganalisa influencer yang audiens ikuti

(4) Tetapkan tujuan dengan menggunakan SMART Goals

Setelah melakukan research kompetitor dan target audience, hal yang selanjutnya dapat Anda lakukan adalah menentukan dan membuat goals. Anda dapat menggunakan framework seperti SMART Goals untuk mempermudah proses pada tahap ini. 

Berikut adalah contoh SMART Goals untuk mendapatkan leads B2B.

SMART Goals for B2B Company

SMART Goals for B2B Company

(5) Lakukan Analisis pada Masing-Masing channel yang hendak digunakan

Anda tidak perlu untuk aktif di semua saluran digital. Tapi pastikan, channel yang Anda gunakan adalah tempat dimana target audience Anda berkumpul. Itu sebabnya, proses identifikasi  audience di awal sangatlah penting.

(6) Buat Editorial Plan

Langkah terakhir adalah, membuat editorial plan. Selain memproduksi konten seorang digital marketer harus mengetahui bagaimana mereka akan mendistribusikan konten mereka. Anda dapat mencari contoh kalender untuk  untuk menjadwalkan aktivitas digital marketing bisnis Anda selama satu bulan ke depan.

Pada dasarnya, membuat strategi digital marketing untuk perusahaan B2B tidaklah susah. Anda hanya perlu dan membuat keputusan berdasarkan insight dan data. 

Data anda masih belum cukup untuk merumuskan suatu kebijakan dan strategi? 

Anda dapat mencoba uji coba gratis social media analytics platform dari kami. Hubungi tim kami dengan mengklik link berikut: http://bit.ly/BIGBOXbigdataplatform

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Copyright © 2021 BigBox. All rights reserved. Various trademarks held by their respective owners.
Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account