fbpx

6 Cara untuk Meningkatkan Brand Awareness

Social listening tools – Brand awareness adalah kemampuan konsumen dan calon konsumen dalam mengingat sebuah merek. Perusahaan sangat membutuhkan brand awareness karena konsumen cenderung membeli produk dari brand yang dikenalnya. 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan brand awareness agar brand mudah dikenal konsumen maupun calon konsumen?

(1) Manfaatkan media sosial

Saat ini, hampir semua orang telah menggunakan media sosial. Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk menyampaikan pesan kepada audiens dengan cara yang relatif mudah dan tentunya dengan pengeluaran budget yang lebih efektif. 

Langka pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih channe yang teapt untuk brand Anda. Anda dapat memulainya dengan mengidentifikasi channel apa yang sering digunakan oleh audiens Anda.

(2) Gunakan testimoni dari konsumen

Testimoni merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Apa saja benefit dengan mencantumkan testimoni di website? 

  • Membangun kredibilitas sebuah merek
  • Meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk
  • Gratis dan efektif

(3) Bekerjasama dengan influencers

Influencer dapat menjangkau calon konsumen yang mungkin Anda lewatkan. Tidak hanya membagikan konten Anda, influencers juga dapat meyakinkan pengikut mereka terkait produk yang Anda tawarkan. 

(4) Optimalisasi Search Engine Optimization (SEO) 

Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik mengoptimalkan website. Optimasi ini memungkinkan search engine seperti google menampilkan website Anda di urutan pertama. Anda dapat menggunakan tools seperti ubersuggest atau SEMrush untuk melakukan riset keyword yang akan Anda eksekusi.

Tidak hanya sebatas melakukan riset keyword, Anda juga harus memperhatikan sisi technical seperti misalnya page speed, memastikan situs web aman, dapat “dirayapi” oleh mesin pencari, dan masih banyak hal teknis lainnya.

(5) Melakukan remarketing campaigns

Remarketing campaigns adalah marketing campaigns berbayar dimana Anda melakukan iklan kepada audiens yang sudah mengunjungi website Anda, namun meninggalkan website tanpa melakukan pembelian. Tujuan utama remarketing campaigns adalah untuk menguatkan pesan kepada orang-orang yang telah mengetahui tentang brand Anda.

(6) Menggunakan social listening tools

Hal yang paling krusial dalam meningkatkan brand awareness adalah mengetahui apa yang diharapkan potential customer dari brand Anda. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahuinya ketika Anda harus memonitor banyak platform? 

Social listening tools adalah jawabannya.

Untuk memulainya, anda dapat melakukan dua hal. Yang pertama adalah untuk memantau mentions mengenai merek atau produk. Lalu yang kedua adalah memantau topik seputar industri brand Anda.

Lantas, bagaimana cara menangkap percakapan di media sosial? Terlebih dengan banyaknya konsumen yang harus dipantau, brand tentu akan menemui kesulitan untuk mengumpulkan insight dari berbagai macam sumber seperti top issue, sentiment, engagement, Social Network Analysis (SNA), dan masih banyak lagi. 

Anda dapat memulainya dengan melakukan uji coba gratis social media analytics platform dari kami. Hubungi tim kami dengan mengklik link berikut: http://bit.ly/BIGBOXbigdataplatform

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Copyright © 2021 BigBox. All rights reserved. Various trademarks held by their respective owners.
Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account