5 Tips Mengembangkan Bisnis Online Anda dengan Tools Marketplace

5 Tips Mengembangkan Bisnis Online Anda dengan Tools Marketplace

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak dari masyarakat yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah saja. Ini menjadi alasan melesatnya bisnis online. Apalagi marketplace yang beragam menyediakan fitur-fitur menarik baik bagi pembeli maupun penjualnya.

Tak dapat dipungkiri, kita sedang berada di era digital dimana mudah sekali untuk mencari tahu berapa banyak orang yang browsing tentang produk Anda secara spesifik. Anda juga dapat mencari tahu keyword apa yang sering digunakan oleh para pelanggan saat mereka beli produk di toko online Anda. Lalu, apakah mengetahui saja sudah cukup untuk mengembangkan bisnis online Anda? Bagaimana jika ada tools yang dapat membantu Anda meningkatkan kunjungan dan pembelian di toko online Anda?

Tools marketplace pada ecommerce analytics software adalah teknik termudah yang dapat memberikan nilai lebih pada toko online Anda. Saat menganalisa beragam data, kita tidak hanya melihat data secara random tetapi setiap metrik punya fungsi dan tujuannya. Berikut adalah beberapa trik untuk mengembangkan bisnis online Anda dengan tools marketplace.

  1. Dengan memprediksi tren dan permintaan

Setiap toko online pasti ingin tahu produk mana yang akan laku keras di masa mendatang. Dengan mengetahui tren pasar memakai tools marketplace, Anda dapat memiliki strategi lebih dulu dibandingkan kompetitor dan menciptakan produk best seller yang laris manis. Tren forecasting adalah salah satu fitur dalam ecommerce analytics software yang dapat memberitahu Anda, apa yang sedang viral saat ini.

Hampir setiap bisnis memiliki prediksi mengenai permintaan pasar. Sebagai contoh, jika Anda memiliki usaha restoran, maka prediksi pengunjung esok hari dapat dilakukan hari ini untuk digunakan sebagai acuan berapa banyak bahan baku yang harus dibeli.

Sama halnya dengan penjual kaos online. Mereka juga harus menentukan berapa banyak baju warna ungu harus di order ke pabrik. Karena warna ungu tidak selaris warna merah, maka jumlah order kaos ungu pastinya lebih sedikit dibandingkan warna merah.

Contoh prediksi di atas dilakukan secara sederhana berdasarkan penjualan sebelumnya. Tetapi jika anda menggunakan tools marketplace, data historis ini akan diolah lagi menjadi hasil yang akurat sehingga meminimalkan resiko kerugian kelebihan stok.

  1. Dengan menganalisa pembeli

Tools marketplace memiliki fungsi yang spesifik. Salah satunya yaitu mengamati tipe-tipe pembeli di toko online Anda, kemudian membuat buyer persona. Buyer persona adalah profil pembeli yang memiliki kemungkinan besar untuk tertarik dan mau membeli produk Anda.

 

Dalam buyer persona, Anda dapat mengetahui, usia, jenis kelamin, jam berapa saja customer Anda biasa online, seperti apa lifestyle mereka dan lain sebagainya. Informasi ini bisa digunakan untuk meningkatkan operasional toko online Anda. Contohnya, Anda dapat menjual kelebihan stok produk di waktu paling tepat saat mayoritas customer sedang online.

Tools marketplace juga dapat mengetahui perilaku belanja konsumen dan dengan mudah memberikan sejumlah rekomendasi promo atau bundling.

Cara ini telah dipakai oleh supermarket Amerika, Walmart yang menggunakan data mining untuk mencari tahu perilaku konsumennya. Ditemukan bahwa pengunjung laki-laki yang membeli popok bayi cenderung akan membeli bir juga. Dari sini, Walmart kemudian menata ulang letak rak bir agar berdekatan dengan rak popok bayi.

  1. Dengan memberikan layanan konsumen terbaik

Karena toko online minim tatap muka, maka customer service lah yang mewakili toko Anda dan berkomunikasi dengan pembeli. Keramahan customer service menjadi faktor penting bagi konsumen untuk mempercayai toko online Anda. Oleh karena itu, cara termudah untuk mengembangkan bisnis online adalah dengan memperbaiki kualitas layanan konsumen Anda.

Gunakan tools marketplace untuk mengidentifikasi metrik penting seperti berapa lama seorang pengunjung berinteraksi dengan customer service sebelum memutuskan untuk membeli atau meninggalkan produk.

  1. Dengan mengoptimalkan layanan personal

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Setiap pelanggan memiliki karakter yang berbeda. Akan sulit untuk memberikan layanan yang sesuai kebutuhan, jika tanpa campur tangan tools marketplace. Anda dapat mengoptimalkan layanan dengan mengirimkan email atau notifikasi chat mengenai promo dan diskon. Anda juga dapat merekomendasikan pilihan produk sesuai dengan selera tiap konsumen.

  1. Dengan memberikan harga yang dinamis dan fleksibel

Sebelum adanya big data dan tools marketplace, sistem pemberian harga hanya dilakukan dengan membandingkan harga kompetitor dan memasang tolak ukur sendiri terhadap produk dan jasanya. Cara ini memang tidak salah tetapi bagaimana jika stok yang ada jumlahnya ratusan hingga ribuan? Akan sulit untuk menghitung satu per satu dan menggunakan strategi masing-masing.

Disinilah tools marketplace bekerja. Software analytics ini akan memberikan solusi dengna menargetkan buyer profile yang tepat sehingga bisnis online Anda dapat berkembang secara optimal.

BigMarket sebagai platform marketplace analytics yang telah dipercaya oleh brand ternama di Indonesia

Kembangkan bisnis online Anda dan tingkatkan penjualan dengan tools marketplace yang tepat. BigMarket memungkinkan bisnis online Anda mendapatkan informasi berharga seputar sentimen konsumen, competitor dan tren saat ini. Hubungi kami sekarang dan dapatkan solusi yang paling tepat untuk bisnis Anda.

 

Sumber:

https://www.beritasatu.com/ekonomi/731345/bisnis-online-melesat-di-tengah-pandemi-covid19

https://www.octoparse.com/blog/data-mining-explained-with-10-interesting-stories

https://www.smartdatacollective.com/big-data-changing-e-commerce-industry/

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account