fbpx

5 Strategi Untuk Meningkatkan Brand Awareness di Media Sosial

Social Media Listening tools –  Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenal sebuah merek. Orang-orang akan lebih mungkin membeli sebuah produk dari brand yang mudah dikenali dan terpercaya.  Selain itu, jika mereka puas dengan produk Anda, konsumen tidak akan segan-segan untuk merekomendasikan produk Anda ke kerabat mereka. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi brand Anda.

Agar brand Anda semakin dikenal, Anda dapat melakukan 5 langkah di bawah ini.

(1) Berikan value lebih pada konten Anda 

Dalam membuat konten di media sosial, Anda harus memberikan value lebih ke calon konsumen Anda. Misalnya, jika Anda memiliki jasa berupa pelatihan digital marketing, sebaiknya Anda tidak hanya memposting terkait jadwal kelas dan promo saja, namun juga berikan konten-konten yang bermanfaat untuk menarik minat calon konsumen pada brand Anda. Contohnya, Anda dapat membuat konten berupa tips-tips seputar digital marketing, teknik membuat konten yang relevan dengan audience, insight terkait SEO dan lain sebagainya. 

Dengan membuat dan membagikan konten-konten yang bermanfaat secara konsisten, orang-orang akan mulai mengenal brand Anda.

(2) Kerja sama dengan brand lain dan orang berpengaruh

Anda juga dapat mengajak brand lain melakukan kerjasama untuk saling melakukan promosi bersama. Misalnya, Anda dapat mengajak brand lain untuk membuat konten bersama di podcast atau IG live. Upayakan brand yang anda ajak untuk berkolaborasi, relevan dengan bisnis atau goals yang Anda tuju. Dengan melakukan strategi ini, Brand Anda dapat dikenal oleh audiens brand yang Anda ajak kerjasama. 

Anda juga dapat  menjalin kerjasama dengan orang yang memiliki pengaruh kuat di media sosial. Jika Anda memasarkan produk dengan jasa mereka, maka akan banyak pengikut orang berpengaruh tersebut yang menaruh kepercayaan atau setidaknya mereka akan mengingat produk Anda.

(3) Lakukan advertising

Alokasikan budget marketing Anda untuk melakukan iklan di media sosial. Beriklan di media sosial memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan beriklan secara offline. Anda dapat mengatur target iklan berdasarkan jenis kelamin, usia, hingga wilayah.

Meskipun mengeluarkan uang, cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan brand awareness. Semakin iklan Anda sering dilihat oleh audiens, maka akan semakin melekat brand Anda di pikiran mereka.

(4) Buat event yang menarik

Anda juga dapat melakukan beberapa jenis event guna menarik perhatian calon konsumen di media sosial. Event tersebut bisa berupa giveaway, dimana Anda dapat memberikan hadiah bagi beberapa orang yang beruntung. Sisipkan beberapa persyaratan untuk meningkatkan brand awareness, seperti wajib memfollow akun, share postingan atau tag beberapa orang di kolom komentar.

(5) Berinteraksi dengan audience

Mulailah melakukan percakapan dengan audience Anda. Hal ini sangat membantu calon konsumen untuk lebih kenal dengan brand Anda. Anda dapat memulainya dengan membalas kolom komentar atau memancing percakapan dengan membuat konten berupa pertanyaan untuk calon konsumen Anda.

Meningkatkan brand awareness membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dibutuhkan konsistensi selama melakukan proses ini. Sebaiknya, selalu amati perkembangan awareness calon konsumen pada brand Anda.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Copyright © 2021 BigBox. All rights reserved. Various trademarks held by their respective owners.
Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account