5 Fungsi Penting Social Media Analytics Tools Untuk Bisnis 

Fungsi Penting Social Media Analytics Tools Big Social Untuk Bisnis

Social media analytics adalah proses melacak, mengumpulkan dan menganalisa data dari berbagai platform media sosial. Dengan tools yang tepat, Anda dapat menganalisa performa media sosial secara lengkap dan memahami strategi mana yang tepat sesuai budget, waktu dan tujuan. 

 

Apa fungsi penting dari social media analytics tools?

 

  1. Menentukan segmentasi 

Untuk menjual sebuah barang kepada konsumen, kita harus terlebih dahulu harus berbicara dengan bahasa mereka. Misalnya saja, Anda akan membuka cabang restoran di Madura, tentu tidak relevan jika Anda memberi kata sambutan dengan menyelipkan bahasa Batak. 

Hal yang sama dengan media sosial. Sangat penting untuk mempelajari kosakata, serta gaya bahasa yang dipakai oleh target konsumen Anda sehari-hari. Teknik ini merupakan pendekatan secara emosional yang mengaitkan lifestyle, usia, maupun wilayah konsumen dengan produk yang Anda tawarkan. Social media analytics tools dapat menentukan profil konsumen ideal, yang cocok dengan produk Anda. 

  1. Meningkatkan brand awareness

Social media analytics tools mampu meningkatkan brand awareness secara masif. Sebagai brand, Anda dapat memilih perwakilan brand yang merepresentasikan produk Anda secara relevan. Konsep awareness sendiri dapat dianalogikan seperti perjalanan seseorang yang tidak pernah mendengar produk Anda, kemudian mulai mempelajari produk Anda hingga membeli dan akhirnya menjadi pelanggan setia.

  1. Selalu mengikuti perkembangan di industri Anda  

Tanpa adanya social media analytics tools, akan sulit untuk berada di garis depan dalam menanggapi tren industri yang terus berubah. Tools ini dapat mengidentifikasi competitor Anda dan membandingkan social mentions Anda dengan competitor. 

  1. Menemukan pembeli potensial 

Masih ingatkah Anda dengan teknik penjualan door to door? Sistem ini tentunya sudah tidak lagi efektif karena Anda tidak tahu pemilik rumah mana yang akan menerima Anda masuk dan membeli barang Anda. Tetapi dengan social media analytics tools, Anda dapat diarahkan ke calon pembeli yang berpotensi besar untuk tertarik pada produk Anda. 

  1. Manajemen krisis yang baik

Karena media sosial yang sifatnya transparan, akan sangat mudah untuk melihat reputasi brand dengan mengamati komentar-komentar para konsumen Anda secara online. Pelanggan yang frustrasi pada produk Anda tidak akan segan untuk berbicara buruk mengenai brand Anda secara publik. Social media analytics tools dapat membantu manajemen krisis dengan baik lewat monitoring tools yang selalu memberikan notifikasi tentang tema tertentu sehingga Anda dapat dengan cepat mencari solusinya. 

BigSocial dapat mempelajari konsumen Anda melalui platform media sosial yang mereka gunakan

 

Survei yang dilakukan oleh Hootsuite pada tahun 2019, menemukan bahwa orang Indonesia menghabiskan waktunya selama 8 jam sehari untuk berselancar di dunia maya. Dan 5 media sosial teratas yang kerap digunakan adalah Youtube, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Twitter. Dari penelitian ini pun ditemukan bahwa pengguna yang mengakses Youtube mencapai 88% dan WhatsApp sebesar 84%. Rentang usianya mulai dari 16 hingga 64 tahun.

 

Dari hasil penelitian tersebut dapat dipastikan bahwa konsumen potensial Anda berada setidaknya, di salah satu atau semua platform media sosial tersebut. Inilah kenapa social media analytics sangat penting untuk mengamati tren, isu sosial, sentiment konsumen dan berbagai parameter lain dalam industri Anda. BigSocial mampu mengumpulkan data di berbagai platform media sosial seperti  Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter, hingga forum media online seperti detik, kompas, media Indonesia, cnn Indonesia, sindo, liputan 6 dan masih banyak lagi dalam skala besar, menyusun indikator yang akan diukur, dan semuanya diperoleh secara real time. Tak hanya itu, BigSocial dapat membantu manajemen krisis agar Anda dapat mengatasi masalah secara proaktif dengan solusi cepat.

 

Bagaimana BigSocial mengoptimalkan fitur-fitur social media analytics tools agar dapat mencapai tujuan-tujuan di atas?

  • Social network analysis

Social network analysis dapat membantu Anda untuk lebih memahami dinamika media sosial serta menentukan segmentasi yang tepat sesuai target market produk yang Anda jual. Analisanya dapat dibatasi pada platform media sosial tertentu, ataupun secara keseluruhan.

 

  • Reach measurement

Fitur BigSocial yang satu ini dapat memperkirakan seberapa banyak orang yang dijangkau oleh postingan Anda mengenai topik tertentu. Reach measurement dapat mengukur seberapa viral sebuah konten.

 

  • Influencer analysis

Dengan banyaknya social media influencer, akan sulit untuk menentukan mana yang paling berpengaruh. Dengan memakai alat bantu seperti social media analytics tools, Anda dapat mengukur pengaruh sebuah konten terhadap masyarakat dari seorang influencer dan membandingkannya dengan influencer lain dengan tema yang sama. 

 

  • Topic mapping 

Social media analytics tools dapat mengidentifikasi topik yang sedang viral dan banyak dibahas di platform media sosial dan media-media online lainnya. Cara sederhananya yaitu dengan mengumpulkan topik-topik dari seluruh platform media sosial kemudian menemukan relevansinya.

 

  • Keyword and phrase

Untuk dapat mengetahui konten yang diminati atau yang sedang tren di media sosial, Anda dapat melakukan pengamatan dengan memakai social media analytics tools. Tools ini akan menganalisa keyword dan frase yang sering digunakan oleh orang untuk mempermudah pencarian terhadap tema tertentu. 

 

  • Sentiment analysis 

Ketahui sentiment pasar mengenai produk Anda dengan memakai kata kunci tertentu atau pencarian tema-tema yang spesifik. Analisa sentimen dapat membantu Anda menyusun strategi untuk meningkatkan penjualan.

 

  • Engagement 

Salah satu fitur social media analytics tools yang banyak digunakan yakni mengukur engagement atau kedekatan brand dengan audiens Anda. parameter ini memberikan informasi mengenai berapa banyak jumlah Likes, komen dan share dalam rentang waktu tertentu. Engagement yang banyak tentunya menunjukkan bahwa audiens Anda berminat dengan konten tersebut.

 

  • User demography

Demografi penduduk sangat penting untuk menentukan segmentasi market. Dengan memakai social media analytics tools, Anda dapat memperoleh informasi mengenai jenis kelamin, lokasi dan usia mereka. 

 

  • Followers dan Speakers 

Followers menggambarkan jumlah pengikut Anda sementara speakers menunjukkan jumlah pengguna yang membicarakan atau mengekspresikan ketertarikan dengan konten Anda, dengan cara membagikan lewat story, atau me-retweet dan lain sebagainya. 

 

BigSocial sebagai bagian dari BigBox dapat membantu brand Anda memprediksi trend industri serta membantu Anda dalam mengambil keputusan-keputusan penting yang berkaitan dengan publisitas, demi kemajuan perusahaan. Kami dapat melakukan analisa di semua platform media sosial yang Anda miliki dan mengolahnya dengan menggunakan social media analytics tools yang terbaik. Tertarik? Yuk, daftar sekarang melalui link ini & dapatkan potongan 30% saat register. Promo terbatas, jangan sampai kelewatan ya! 

 

Bersama BigSocial, Anda dapat menjadi yang terdepan dan dapat menerapkan strategi terbaik berdasarkan data yang akurat dan lengkap.

 

Sumber: 

https://www.sciencedirect.com/topics/social-sciences/social-network-analysis

https://blog.hootsuite.com/social-media-analytics/

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Contact Us
ID : (021) 2708 8011
Outside the ID : +62 21 2708 8011

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account